Banner 468 x 60px

 

Jumat, 17 Februari 2012

VISI DAN MISI

0 komentar
VISI & MISI LOMBOK BARAT 2014-2019

Langkah penting dalam proses perencanaan strategis adalah mengembangkan rumusan yang jelas dan ringkas tentang visi dan misi. Visi adalah kondisi ideal yang diinginkan pada akhir periode perencanaan. Suatu visi merupakan kondisi yang inspirasional sehingga mendorong harapan dan impian, memfokuskan kepada masa depan yang lebih baik, serta menyatakan hasil–hasil yang positif. Suatu visi haruslah menekankan tujuan, kriteria kinerja, perilaku, aturan, keputusan dan standar yang merupakan pelayanan publik serta harus menjadi kesepakatan seluruh pemangku kepentingan. Nilai–nilai yang tertuang di dalam visi memiliki konsekuensi untuk diimplementasikan.
Sebagai harapan yang ideal, visi Pemerintah Kabupaten Lombok Barat  harus tetap konsisten dengan RPJMD Kabupaten Lombok Barat Tahun 2014–2019 yang akan segera disusun. Adapun visi yang ditetapkan adalah sebagai berikut :

VISI: “Terwujudnya Masyarakat Lombok Barat yang Lebih Maju dan Sejahtera Dilandasi dengan Nilai-Nilai Patut Patuh Patju”.

Rumusan Visi tersebut di atas, terkandung makna :

·     MAJU : Menggambarkan kondisi dan situasi masyarakat Lombok Barat yang selalu berupaya untuk menerapkan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari, mau dan mampu mempelajari dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, mengembangkan sifat dan watak demokrasi dalam berbagai proses penentuan kebijakan, serta sadar akan pentingnya upaya pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungan dengan lestari demi masa depan generasi yang akan datang.

·       SEJAHTERA: Menunjuk ke keadaan yang lebih baik, yakni kondisi masyarakat Lombok Barat dalam keadaan makmur, sehat dan damai, dapat memenuhi kebutuhan pokok  yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.


MISI
Misi merupakan identifikasi tujuan, sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat sesuai dengan visi yang telah ditetapkan. Misi juga merupakan unsur yang paling fundamental dari sebuah visi, karena fungsi dari misi tersebut adalah menjembatani kondisi saat ini menuju masa depan sesuai dengan harapan yang ingin dicapai melalui suatu tindakan tertentu. Jadi, misi adalah rumusan umum mengenai upaya–upaya yang akan dilaksankan untuk mewujudkan visi. Adapun misi Pemerintah Kabupaten Lombok Barat adalah sebagai berikut :

1.    Meningkatkan infrastruktur pelayanan umum
2.    Meningkatkan perekonomian rakyat dan daerah.
3.    Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat
4.    Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).
5.    Meningkatkan  tata kelola pemerintahan yang baik
6.    Meningkatkan tata kehidupan masyarakat yang agamis dan dinamis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar